Pertanyaan Wawancara Kerja / Interview Beserta Contoh Jawaban


Pertanyaan Wawancara Kerja / Interview Beserta Contoh Jawaban

Menurut saya pribadi, pertanyaan interview yang paling sulit adalah "Tell me about yourself," atau "Perkenalkan diri anda".

Banyak kandidat tidak melihat pertanyaan ini sebagai pertanyaan "penting" sehingga terburu-buru menjawab ataupun malah gugup dan mulai menjawab hal yang tidak relevan.

Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu bisa menggunakan metode P-A-W-S (Profile, Academic, Work Experience, Skills) 🔵 P – Profile
Mulailah dengan nama dan pekerjaan kamu saat ini dan kemudian tambahkan informasi yang relevan tentang minat yang berhubungan dengan lowongan kerja yang kalian lamar.

🟣 A – Academic
Kamu bisa menguraikan gelar dan sertifikasi yang kamu punya. Pastikan itu relevan dengan posisi yang kalian lamar ya. Kamu tidak perlu menguraikan pendidikan yang tidak berkaitan dengan pekerjaan tersebut.

🔵 W - Work
Kamu bisa menjelaskan gambaran umum tentang pengalaman kerja dan ingat bahwa itu dapat mencakup pengalaman kerja berbayar dan tidak berbayar. Kamu tidak perlu menguraikan pengalaman kerja yang tidak berkaitan dengan lowongan yang kamu lamar.

🟣 S – Skills
Banyak dari kandidat yang lupa menjelaskan tentang skills mereka. Padahal keahlian kandidat adalah bagian yang sangat penting dari setiap interview kerja. Highlight technical skill dan soft skill yang relevan. Apa jenis software yang kamu kuasai? Lalu, soft skill seperti apa yang penting untuk pekerjaan ini?
Misalnya : Manajemen waktu, keterampilan bernegosiasi, dll.

______________________________________________

🔴 "Darimana kamu mendapatkan info lowongan pekerjaan ini?"
HRD menanyakan hal ini dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana kamu membangun networking, mencari informasi, dan melihat ketertarikan kamu terhadap perusahaan.

Contoh :
“Saat ini, saya sedang aktif mencari kerja, Pak/Bu. Karena saya tertarik dengan perusahaan ini, saya membuka website perusahaan dan melamar posisi yang sesuai dengan minat dan kemampuan saya.

🔴 "Coba ceritakan hal yang tidak ada di CV"
Untuk menjawab pertanyaan interview ini, kamu bisa menonjolkan salah satu skill kamu dan mengaitkan hal itu dengan beberapa pencapaian terbaik kamu di CV.

Contoh :
“Saya memiliki kemampuan berpikir kreatif dan komunikasi yang baik. Dari CV saya, Bapak/Ibu bisa melihat beberapa pencapaian yang merupakan hasil dari kemampuan saya untuk memberikan ide-ide kreatif dan berkomunikasi dengan banyak pihak. Saya yakin dengan kemampuan ini, saya bisa memberikan kontribusi terbaik untuk divisi creative dan branding di perusahaan ini.”
🔴 "Apa motivasi kamu bekerja di perusahaan ini?"
Tunjukkan ketertarikan kamu dengan perusahaan. Jelaskan juga bahwa posisi yang kamu lamar sesuai dengan skill dan latar belakang pendidikan, kamu juga bisa menceritakan tentang career goals kamu.

Contoh :
“Saya mencari tau perusahaan Bpk/Ibu dan melihat bahwa value perusahaan ini sesuai dengan value pribadi saya, jadi bekerja di sini akan membantu saya mencapai karier yang lebih baik.”
🔴 "Apakah kamu melamar di perusahaan lain?"
Kamu bisa jawab pertanyaan yang satu ini dengan jujur tapi tidak terlalu detail, misalnya dengan tidak menyebutkan nama perusahaan.

Contoh :
“Benar, Pak/Bu, saya juga melamar ke perusahaan lain di bidang creative. Lamaran saya ke perusahaan lain hanya sebagai pilihan. Besar harapan saya untuk bisa diterima di perusahaan ini.”

______________________________________________

Semoga informasi dan tips ini bisa membantu kalian ya!


Pertanyaan Wawancara Kerja / Interview Beserta Contoh Jawaban Pertanyaan Wawancara Kerja / Interview Beserta Contoh Jawaban Reviewed by Docomotive on 2:08 AM Rating: 5
Powered by Blogger.