Surat Lamaran Kerja / Application Letter / COVER LETTER


Surat Lamaran Kerja / Application Letter / COVER LETTER


Saat melamar pekerjaan, Surat Lamaran Kerja merupakan dokumen yang perlu kamu buat sendiri dengan baik. Karena, Surat Lamaran Kerja ini yang nantinya akan diletakkan di bagian depan dari dokumen-dokumen lainnya. Isi dari cover letter merupakan deskripsi singkat tentang diri kamu dan menunjukkan posisi apa yang akan kita lamar.

Untuk mendapatkan pekerjaan, saat ini persaingan semakin ketat. Surat Lamaran Kerja merupakan kunci tepat yang dapat membantu kamu membedakan diri dari pelamar lainnya. Kamu bisa menyoroti keunikan, keahlian khusus, atau proyek-proyek berhasil yang dapat menarik perhatian perekrut. Application Letter ini digunakan untuk memperkenalkan diri kamu kepada perusahaan dan memberikan informasi tentang latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, dan keterampilan yang dimiliki.

Tips agar cover letter yang kamu tulis bisa terlihat baik oleh HRD :

✅ Baca dengan baik apa saja persyaratan yang dibutuhkan dalam lowongan pekerjaan. Hal ini dibutuhkan agar isi dari cover letter sesuai dengan kebutuhan dalam info lowongan tersebut

✅ Gunakanlah kata-kata yang mudah dipahami, singkat, padat, jelas, dan menarik

✅ Jika kamu menulis cover letter dengan tulisan tangan, pastikan tulisan tangan kamu dapat dibaca. Jika menulis cover letter dengan diketik komputer, jangan gunakan jenis font yang aneh-aneh. Kamu bisa menggunakan jenis font seperti Arial, Calibri, Garamond, dan Helvetica


Yang mau tau contohnya, bisa cek di bawah ini ya 👇🏻


___________________ 


[Nama Anda] 

[Alamat Anda] 

[Kota, Kode Pos] 

[Tanggal] 

[Nama Perusahaan] 

[Alamat Perusahaan] 

[Kota, Kode Pos] 


Hormat Kami, 


Dengan hormat, 


Saya menulis surat ini untuk mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan yang terhormat. Saya sangat tertarik dengan posisi yang sedang tersedia di perusahaan Anda dan saya ingin memberikan kontribusi yang berarti dalam pengembangan perusahaan. 


Saya lulusan [Jurusan/Program Studi] dari [Nama Perguruan Tinggi/Universitas]. Saya memiliki pengalaman kerja selama [Jumlah Tahun] di bidang [Bidang Kerja] di perusahaan [Nama Perusahaan]. Selama bekerja di sana, saya telah mengembangkan keterampilan [Keterampilan yang Relevan] dan memiliki pemahaman yang baik tentang [Bidang Kerja yang Relevan]. Saya juga memiliki kemampuan komunikasi yang baik, kemampuan analitis yang kuat, serta mampu bekerja secara efektif dalam tim. Saya yakin bahwa pengalaman dan keterampilan saya akan menjadi aset berharga bagi perusahaan Anda. Saya tertarik dengan visi dan misi perusahaan Anda, serta reputasi yang luar biasa di industri ini. 


Saya berharap dapat berkontribusi dalam mencapai tujuan perusahaan dan ikut serta dalam pertumbuhan perusahaan ke depannya. Saya melampirkan resume terlampir yang berisi informasi lebih rinci tentang pendidikan, pengalaman kerja, dan keterampilan saya. Saya sangat berharap mendapatkan kesempatan untuk bertemu dengan Anda dalam wawancara dan menjelaskan lebih lanjut tentang kontribusi yang dapat saya berikan. 


Terima kasih atas perhatian Anda terhadap lamaran saya. Saya sangat berharap dapat bergabung dengan tim di perusahaan Anda dan memberikan kontribusi yang berarti. Saya siap untuk menjalani proses seleksi dan dapat dihubungi kapan saja melalui kontak yang tertera di bawah ini. 


Hormat saya, 

[Tanda tangan Anda] 

[Nama Anda] 

[Email Anda] 

[Nomor Telepon Anda] 


 ____________________


Semoga tips cover letter ini bisa membantu teman-teman ☺️

Surat Lamaran Kerja / Application Letter / COVER LETTER Surat Lamaran Kerja / Application Letter / COVER LETTER Reviewed by Docomotive on 2:02 AM Rating: 5
Powered by Blogger.